Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lumut
RPP Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA/ MAN
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/Genap
Pertemuan : I
Materi Pokok :
Lumut
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menghayati dan
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2
Menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3
Peka
dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manifestasi pengalaman ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama,
cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan
kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
3.8 Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio
berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
4.8 Menyajikan
laporan
hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya
dalam kehidupan.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1 Mengelompokkan
lumut berdasarkan ciri-cirinya.
3.8.2 Menjelaskan
siklus hidup lumut.
3.8.3 Mendeskripsikan
peranan lumut bagi kehidupan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, diharapkan:
1.
Peserta didik
mampu mengelompokan tumbuhan lumut berdasarkan ciri-cirinya menggunakan kunci
determinasi yang ada pada LKPD.
2.
Peserta didik
mampu menjelaskan siklus hidup lumut melalui diskusi dan kajian literatur.
3. Peserta didik mampu mendeskripsikan peranan lumut yang
menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan melalui diskusi dan membaca kajian
literatur.
E.
Materi
Pelajaran
1. Pengelompokan lumut
Berdasarkan bentuk gametofit dan sporofitnya, lumut
dikelompokan menjadi tiga kelas, yaitu:
· Lumut daun (Bryopsida)
· Lumut hati (Hepaticopsida)
· Lumut tanduk (Anthocerotopsida)
2. Siklus hidup lumut
3. Peranan lumut bagi kehidupan
Manfaat lumut bagi kehidupan antara lain:
· Lumut sebagai tumbuhan pionir (tumbuhan perintis). Hal
tersebut dikarenakan lumut dapat hidup di tempat yang makhluk hidup lainnya
tidak dapat hidup.
· Lumut berperan dalam ekosistem sebagai penyedia
oksigen, penyimpan air (karena sifat selnya menyerupai spons), dan sebagai
penyerap polutan.
· Lumut yang tumbuh pada permukaan tanah dapat mencegah
erosi.
· Marchantia
polymorpha digunakan sebagai obat
hepatitis.
· Sphagnum sp. (lumut yang tumbuh di daerah tundra) digunakan
sebagai makanan rusa kutub.
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
Model :
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Metode :
Diskusi
G.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran : Power Point
(PPT), LKPD, Vidio, Gambar
2.
Alat : Papan
tulis, spidol, penghapus, pointer, laptop dan LCD
3.
Sumber Belajar
a.
Karmana, Oman.
2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kelompok
Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam.Bandung: GRAFIND.
b.
Nurhayati,
Nunung dan Resty Wijayanti. Biologi untuk
SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan
Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Jakarta:
Yrama Media.
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
||
Kegiatan
pendahuluan
|
a. Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
b. Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa sebelum
belajar.
c. Guru melakukan absensi.
d. Guru menampilkan video dan meminta siswa untuk memperhatikan video
tersebut kemudian memberikan tanggapan terkait video tersebut.
e. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
a. Peserta didik menjawab salam dan menanggapi kabar.
b. Peserta didik berdoa bersama-sama sesuai dengan agama yang dianutnya.
c. Peserta didik menyimak nama masing-masing.
d. Peserta didik memperhatikan video yang ditampilkan guru kemudian
memberikan tanggapan terkait video tersebut.
e. Peserta didik menyimak dan mencatat tujuan pembelajaran di buku
catatan masing-masing.
|
3 menit
|
Kegiatan inti
Fase 1
Orientasi
Fase 2
Merumuskan masalah
Fase 3
Merumuskan hipotesis
Fase 4
Mengumpulkan data
Fase 5
Menguji hipotesis
Fase 6
Merumuskan kesimpulan
|
a. Guru membagi peserta didik menjadi kelompok kecil (3-4 orang)
b. Guru menjelaskan materi pengantar tentang lumut menggunakan slide power
point
c. Guru memberikan LKPD kepada tiap-tiap kelompok.
d. Guru mengajak peserta didik untuk memperhatikan rumusan masalah yang
terdapat pada LKPD
e. Guru membimbing dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
bertukar pendapat dalam membentuk hipotesis sesuai dengan permasalahan yang
telah ditentukan.
f. Guru membimbing peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang terdapat pada LKPD.
g. Guru memberi kesempatan kepada tiap kelompok secara bergiliran untuk
menyampaikan hasil diskusi, kesimpulan, dan jawaban pertanyaan pada LKPD.
h. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
mengenai hal yang kurang dipahami mengenai materi pembelajaran pada pertemuan
tersebut.
|
a. Peserta didik bergabung dengan teman kelompok yang telah ditentukan oleh
guru.
b. Peserta didik memperhatikan power point dan penjelasan guru.
c. Peserta didik menerima LKPD yang dibagikan oleh guru.
d. Peserta didik memperhatikan rumusan masalah yang terdapat pada LKPD
secara cermat dan teliti.
e. Peserta didik berdiskusi untuk membentuk hipotesis dengan bimbingan
dari guru.
f. Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada LKPD.
g. Peserta didik menyampaikan hasil diskusi, kesimpulan, dan jawaban
pertanyaan pada LKPD secara bergiliran di depan kelas.
h. Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang masih
kurang dipahami.
|
25 menit
|
Kegiatan penutup
|
a. Guru memberikan penguatan dan menyimpulkan pembelajaran pada pertemuan
tersebut.
b. Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa setelah
belajar.
c. Guru menyampaikan materi pelajaran untuk pertemuan selanjutnya dan
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
a. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru.
b. Peserta didik berdoa bersama-sama sesuai dengan agama yang dianutnya.
c. Peserta didik menjawab salam.
|
2 menit
|
I.
Penilaian
Teknik Penilaian :
Tes dan Non tes
Bentuk Instrumen :
1.
Kognitif : Soal essay (Terlampir)
2.
Afektif : Lembar penilaian sikap (Terlampir)
3.
Psikomotorik : Penilaian diskusi (Terlampir)
Makassar, Mei 2019
Dosen
Penanggung Jawab Mahasiswa
Dr. Drs. Adnan, M.S Indah
Maisarah
NIP. 19650201 198803 1 003 NIM. 1614040006
Silabus Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom
skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut.
Ya = apabila
peserta didik menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Tidak = apabila
peserta didik tidak menunjukkan
perbuatan sesuai aspek pengamatan.
No
|
Indikator Sikap
yang Diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah
yang ditetapkan
|
||
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
||
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
||
Jumlah
|
|||
Petunjuk Penskoran
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus
Silabus Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing
INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh
guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kerja sama. Berilah tanda cek (√) pada
kolom skor sesuai sikap gotong royong
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukannya.
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
||||
2
|
Suka menolong teman/orang lain
|
||||
3
|
Kesediaan melakukan tugas
sesuai kesepakatan
|
||||
4
|
Rela berkorban untuk orang lain
|
||||
Jumlah
Skor
|
|||||
Petunjuk Penskoran
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus
Komentar
Posting Komentar