Silabus Materi Kingdom Plantae



Silabus Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

SILABUS
MATERI KINGDOM PLANTAE


Sekolah                                 : SMAN/ MAN
Mata Pelajaran                    : Biologi
Kelas/Semester                    : X/Genap
Materi Pokok                       : Kingdom Plantae


KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, Alat, Bahan
Teknik
Bentuk
1.3
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

1.3.1 Peka terhadap lingkungan saat melakukan pengamatan sebagai wujud pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.3.2 Peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

















































·    Pengelompokan Lumut


·    Siklus Hidup
Lumut

·    Peranan Lumut bagi Kehidupan

















































·         Peserta didik memperhatikan video yang ditampilkan oleh guru
·     Peserta didik menyelidiki penyebab mengapa tumbuhan lumut hidup didaerah lembab

·     Peserta didik mengelompokkan tumbuhan lumut berdasarkan ciri-cirinya yang ada pada LKPD menggunakan kunci determinasi.

·     Peserta didik berdiskusi dan membaca buku teks biologi/literatur mengenai siklus hidup tumbuhan lumut.

·     Peserta didik membaca buku teks mengenai peranan tumbuhan lumut yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan.
Non Tes


















Non tes


























Tes Tertulis





























Tes Tertulis



























Tes Tertulis





Penilaian sikap (Instrumen penilaian sikap dan rubrik)














Penilaian sikap (Instrumen penilaian sikap dan rubrik)






















Essay






























Essay




























Essay
3 x P (1P= 30 menit)














































·    Karmana Oman. 2016. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: Grafindo.
·    Nurhayati, Nunung dan Resty Wijayanti. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta:Yrama Media.
·    LKPD


Alat:
·   Papan Tulis
·   Laptop
·   LCD
·   Pointer
·   Spidol
·   Penghapus

Bahan:
·      PPT
·      Vidio
·      Gambar
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.1.1 Berperilaku ilmiah teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi
2.1.2 Berani dan santun mengajukan dan berargumentasi  dalam kelas
2.1.3 Berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas maupun diluar kelas
3.8
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
3.8.1
Mengelompokka Lumut berdasarkan ciri-cirinya
3.8.2   
Menjelaskan siklus hidup lumut.
3.8.3   
Mendeskripsikan peranan lumut bagi kehidupan.
3.8.4   
Mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan paku.
·    Ciri-ciri Tumbuhan Paku
·    Siklus Hidup Tumbuhan Paku
·    Pengelompokan Tumbuhan Paku


·    Peranan Tumbuhan Paku bagi Kehidupan

·     Peserta didik menyelidiki mengapa tumbuhan lumut dikategorikan sebagai tumbuhan tingkat rendah
·     Peserta didik melakukan pengamatan struktur tubuh tumbuhan paku.
·     Peserta didik berdiskusi dan membaca buku teks biologi/literatur mengenai siklus hidup tumbuhan paku.
·     Peserta didik mengelompokkan tumbuhan paku berdasarkan ciri yang teramati menggunakan kunci determinasi.
·     Peserta didik membaca buku teks mengenai peranan tumbuhan paku yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan.
3.8.4
Membagankan siklus hidup tumbuhan paku.
3.8.5   
Mengelompokkan tumbuhan paku berdasarkan ciri yang teramati.



3.8.6   
Mendeskripsikan peranan tumbuhan paku.
3.8.7
Mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan berbiji.
·    Ciri-ciri Tumbuhan Berbiji





·    Pengelompokan Tumbuhan Berbiji


·    Perkembangbiakan Tumbuhan Berbiji


·    Peranan Tumbuhan bagi Kehidupan

·     Peserta didik melakukan pengamatan organ-organ tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.
·     Peserta didik mengelompokkan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup berdasarkan ciri yang teramati menggunakan kunci determinasi.
·     Peserta didik berdiskusi dan membaca buku teks biologi/literatur mengenai perkembangbiakan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.
·     Peserta didik membaca buku teks mengenai peranan tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan.
3.8.8
Mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka dan berbiji tertutup.

3.8.9
Mengelompokkan tumbuhan berbiji terbuka dan berbiji tertutup berdasarkan ciri yang teramati.
3.8.10
Menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.
3.8.11
Mendeskripsikan peranan tumbuhan bagi kehidupan.


                                                                                                                                                                                                                Makassar,      Mei 2019
Dosen Penanggung Jawab                                                                                       Mahasiswa 




 Dr. Drs. Adnan, M.S                                                                                         Indah Maisarah
NIP. 19650201 198803 1 003                                                                             NIM. 1614040006

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lumut